4 Tips di Instagram Pakai Teknik Fotografi Flat Lay

Pernah dengar teknik fotografi flat lay? Sebenernya, kamu pasti sering mempraktekan teknik fotografi ini, apalagi kalau lagi motret hidangan makanan. Sejak Instagram makin berkembang, teknik fotografi ini juga ikutan jadi tren.
Menurut Discover Digital Photography, Flat Lay adalah gaya fotografi dengan cara membidik beberapa objek, baik makanan, produk, dan lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Objeknya itu sendiri diletakan di permukaan datar (flat) di permukaan yang menghadap ke kamera. Biasanya sih teknik fotografi ini dipakai untuk memperindah feed Instagram.
Untuk bisa menghasilkan fotografi Flat Lay, kamu nggak perlu kamera canggih kok, yang penting memperhatikan beberapa tips ini aja.

Latar (Background)

Belajar Teknik Fotografi Flat Lay Biar Hits di Instagram
Permukaan yang menjadi latar dalam foto Flat Lay ini adalah hal yang utama. Karena fokus foto Flat Lay adalah objek fotonya, pastikan kamu memilih background simple yang bisa menonjolkan objek tersebut. Misalnya, kamu bisa pilih latar solid satu warna, misalnya putih, kuning, pink ataupun warna pastel.
Kalau kamu berminat untu kmemotret di meja kayu atau di latar yang bermotif karena sedang di restoran atau sebuah tempat, pastikan latar tersebut bersih tanpa ada makanan atau minuman yang tercecer.
Biasanya, latar yang sering jadi pilihan adalah kertas berukuran besar, kayu, ataupun lantai, karena dianggap paling aman untuk foto Flat Lay.

Proporsi

Belajar Teknik Fotografi Flat Lay Biar Hits di Instagram
Image : He Spoke Style
Dalam teknik fotografi Flat Lay, kamu nggak bisa meletakan objek foto begitu aja, kamu harus mengatur objek tersebut sedemikian rupa biar teratur dan menunjukan keindahan. Objek boleh ditata rapih ataupun berantakan, asal dengan proporsi yang tepat. Memang sedikit repot, tapi hal ini bisa menghasilkan hal yang indah.
Objek bidikan kamu bisa berada di tengah frame atau bahkan memenuhi frame, atau bahkan condong ke suatu sisi, semuanya bisa dikreasikan sesuai keinginan kamu, yang terpenting memperhatikan proporsinya. Teknik emphasizing adalah cara untuk menonjolkan beberapa objek yang akan kamu tonjolkan.
Untuk materi, atau hiasan untuk memperindah foto, kamu bisa menggunakan bunga atau bahkan pernak-pernik untuk menjadi dekorasi pendukung objek.

Pencahayaan

Belajar Teknik Fotografi Flat Lay Biar Hits di Instagram
Image : wulankenanga.com
Paparan cahaya yang alami adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan yang alami pula. Usahakan untuk menggunakan sinar matahari, tapi jangan secara langsung karena cahaya matahari langsung bisa menghasilkan bayangan objek yang terlalu terlihat pada derajat tertentu.
Hindari memotret Flat Lay pada lokasi yang terlalu gelap. Sinar lampu di suatu tempat bisa digunakan, tapi tergantung pada kualitas kamera biar nggak menghasilkan noise.

Penyempurnaan (Editing)

Belajar Teknik Fotografi Flat Lay Biar Hits di Instagram
Image : Frogcase
Jika kamu merasa belum puas dengan hasil mentahan foto yang kamu ambil, jangan lupa kasih sentuhan akhir dengan melalui proses editing tools yang bisa kamu manfaatin dari Instagram. Kalau kamu terpaksa harus memotret dalam area gelap yang nggak begitu alami, kamu bisa perbaiki permasalahan pencahayaan ini dengan proses editing. Jika fotomu nggak terlalu datar atau tegak lurus, kamu juga bisa memanfaatkan stratighten tools di Instagram.
Menghasilkan foto yang tepat memang memerlukan sedikit usaha, tapi kalau kamu terbiasa melakukannya, pasti akan lebih mudah. Practice makes perfect. Selamat mencoba!
Sumber: shopback.co.id

No comments:

Post a Comment